Media Relations Sebagai Aktivitas Public Relations

31 Maret 2012


1.      Jelaskan peranan media massa bagi suatu organisasi dan berikan contohnya?
Bagi organisasi, media massa mempunyai peranan penting dalam penyebaran informasi/berita kepada masyarakat juga kepada pemerintah (pejabat-pejabat pemerintah) dan dalam pembentukan pendapat umum. Misalnya, jika disuatu universitas mempunyai acara/seminar dan dari pihak Public Relation sendiri tidak mengundang media massa akan tetapi secara tidak langsung media massa yang menjalin hubungan baik dengan universitas tersebut membuat berita/informasi tentang acara/seminar itu sendiri.
2.      Jelaskan konsep media relations?
Menurut Sam Black dan Melvin L. Sharpe: Media relations lebih kepada hubugan antara organisasi dengan media. Definisinya adalah hubungan antara suatu organisasi dengan pers, radio dan televise secara dua arah atau dua pihak.(1988:37)
3.      Apa tujuan media relations?
·         Untuk memperoleh publisitas seluas mungkin mengenai kegiatan serta langkah lembaga organisasi yang baik untuk diketahui umum.
·         Untukmemperoleh tempat dalam pemberitaan media (liputan, laporan, ulasan, tajuk yang wajar, obyektif dan seimbang (balance)) mengenai hal-hal yang menguntungkan lembaga/organisasi.
·         Untuk memperoleh umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan kegiatan lembaga/organisasi.
·         Untuk melengkapi data atau informasi bagi pimpinan atau lembaga organisasi bagi keperluan pembuatan penilaian (assesment) secara tepat mengenai situasi atau permasalahan yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan/lembaga organisasi.
·         Mewujudkan hubungan yang stabil dan berkelanjutan yang dilandasi oleh rasa saling percaya dan menghormati.
4.      Apa manfaat media relations?
·         Membangun pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab organisasi dan media massa.
·         Membangun kepercayaan timbal-balik dengan prinsip saling menghormati dan menghargai, kejujuran serta kepercayaan.
·         Penyampaian atau perolehan informasi yang akurat, jujur dan mampu memberikan pencerahan bagi public.
5.      Kompetensi apakah yang harus dimiliki praktisi PR dalam media relations?
·         Kemampuan menulis dengan bahasa jurnalistik yang baik dan membuat konsep pidato.
·         Wawasan yang luas melalui pemahaman perkembanga isu di media dan masyarakat dan hal lain terkait dengan media.
·         Menguasai pengetahuan komunikasi persuasi dan personal.
·         Menguasai produk/corporate knowledge
·         Menguasai komunikasi yang efektif
·         Memiliki kemampuan sebagai narasumber yang kredibel.

0 komentar:

Posting Komentar