1. Jelaskan peranan media massa bagi suatu organisasi dan berikan contohnya?
Bagi organisasi, media massa mempunyai peranan penting dalam penyebaran informasi/berita kepada masyarakat juga kepada pemerintah (pejabat-pejabat pemerintah) dan dalam pembentukan pendapat umum. Misalnya, jika disuatu universitas mempunyai acara/seminar dan dari pihak Public Relation sendiri tidak mengundang media massa akan tetapi secara tidak langsung media massa yang menjalin hubungan baik dengan universitas tersebut membuat berita/informasi tentang acara/seminar itu sendiri.
2. Jelaskan konsep media relations?
Menurut Sam Black dan Melvin L. Sharpe: Media relations lebih kepada hubugan antara organisasi dengan media. Definisinya adalah hubungan antara suatu organisasi dengan pers, radio dan televise secara dua arah atau dua pihak.(1988:37)
3. Apa tujuan media relations?
· Untuk memperoleh publisitas seluas mungkin mengenai kegiatan serta langkah lembaga organisasi yang baik untuk diketahui umum.
· Untukmemperoleh tempat dalam pemberitaan media (liputan, laporan, ulasan, tajuk yang wajar, obyektif dan seimbang (balance)) mengenai hal-hal yang menguntungkan lembaga/organisasi.
· Untuk memperoleh umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan kegiatan lembaga/organisasi.
· Untuk melengkapi data atau informasi bagi pimpinan atau lembaga organisasi bagi keperluan pembuatan penilaian (assesment) secara tepat mengenai situasi atau permasalahan yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan/lembaga organisasi.
· Mewujudkan hubungan yang stabil dan berkelanjutan yang dilandasi oleh rasa saling percaya dan menghormati.
4. Apa manfaat media relations?
· Membangun pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab organisasi dan media massa.
· Membangun kepercayaan timbal-balik dengan prinsip saling menghormati dan menghargai, kejujuran serta kepercayaan.
· Penyampaian atau perolehan informasi yang akurat, jujur dan mampu memberikan pencerahan bagi public.
5. Kompetensi apakah yang harus dimiliki praktisi PR dalam media relations?
· Kemampuan menulis dengan bahasa jurnalistik yang baik dan membuat konsep pidato.
· Wawasan yang luas melalui pemahaman perkembanga isu di media dan masyarakat dan hal lain terkait dengan media.
· Menguasai pengetahuan komunikasi persuasi dan personal.
· Menguasai produk/corporate knowledge
· Menguasai komunikasi yang efektif
· Memiliki kemampuan sebagai narasumber yang kredibel.
0 komentar:
Posting Komentar